9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat

9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat – Minyak sebenarnya adalah kandungan sekresi alami yang dihasilkan kulit kepala dan berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi kadar minyak berlebih pada rambut akan membuat penampilan terlihat kusam, menyebabkan ketombe, gatal dan rambut akan sulit di tata.

9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat
Ini bisa terjadi karena banyak faktor seperti keturunan, stress yang berlebihan, perubahan hormon, perawatan rambut yang buruk dan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak. Hal paling tepat yang harus dilakukan untuk mencegah rambut berminyak adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit kepala, akan tetapi keramas setiap hari bukan merupakan solusi yang tepat sebab bahan kimia yang terdapat di dalam shampoo justru akan memperburuk keadaan rambut anda.

Selain dari pada itu ada beberpa solusi lain yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut berminyak yang bisa anda lakukan di rumah supaya kadar minyak berlebih pada rambut bisa dikendalikan dan juga membuat rambut lebih segar dalam waktu yang cukup lama.

  • Masker Telur

Telur yang sangat mudah anda temui di dapur ini sangat baik digunakan untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut. Kuning telur mempunyai kandungan protein tinggi yang akan menguatkan rambutm sementara putih telur akan mengurangi produksi minyak.

  1. Caranya adalah dengan mengocok lepas satu butir telur lalu oleskan pada rambut yang masih lembab. 
  2. Diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan memakai shampo ringan dan ulangi setiap 2 ming
  3. gu sekali.Cara berikutnya, kocok 2 butir telur bersama dengan 2 sendok makan sari jeruk lemon dan aduk rata.
  4. Oleskan campuran telur tersebut pada rambut yang lembab sampai rata.Diamkan selama 5 menit lalu bilas seperti biasa dan lakukan perawatan rambut ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  • Tomat

Sifat asam pada tomat akan berperan dalam menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala sehingga bisa mengendalikan sekresi minyak berlebih pada rambut dan tomat juga akan menghilangkan bau tidak sedap yang sering terjadi pada rambut berminyak.

  1. Haluskan satu sampai dua buah tomat matang dengan blender sampai halus.
  2. Aplikasikan jus tomat ini pada rambut serta kulit kepala dengan merata.Tutup dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit 
  3. lalu bilas dengan air dingin seperti biasa dan keringkan denga
  4. n handuk.Lakukan perawatan ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

  • Madu Dan Pisang

Keadaan rambut akan tampak semakin berminyak jika menggunakan shampo yang terlalu keras dan tidak menggunakan kondisioner. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa membuat kondisioner alami di rumah dengan menggunakan madu dan pisang yang akan menutrisi rambut dan mencegah minyak berlebih.

  1. Haluskan satu buah pisang sampai rata menggunakan blender dan tambahkan dengan 1 sendok teh madu mentah atau madu asli setiap 4 sendok pasta pisang dan campur sampai rata.
  2. Aplikasikan pasta tersebut pada rambut dari akar sampai ujung rambut.
  3. Diamkan selama lebih kurang 20 menit lalu bilas dengan air hangat untuk menghilangkan dan membersihkan pasta pisang tersebut.
  4. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  • Lidah Buaya

Salah satu solusi untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut yang sudah disediakan oleh alam adalah tanaman lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya akan mengurangi sekaligus mengontrol minyak berlebih pada rambut dan tetap menjaga kesegaran rambut lebih lama.

  1. Tuangkan shampo ringan yang biasa anda pakai dalam cangkir dan tambahkan dengan 1 sendok makan gel atau lendir lidah buaya lalu aduk sampai rata.
  2. Setelah itu, tambahkan juga dengan 1 sendok makan sari jeruk lemon dan campur sampai rata kemudian simpan di dalam botol dalam lemari es.
  3. Campuran ini bisa awet sampai seminggu jika terus berada di dalam lemari es.
  4. Anda bisa keramas setiap hari dengan menggunakan campuran ini untuk mengatasi rambut berminyak.

  • Cuka Apel

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengobatan efektif dalam mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel sangat baik untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala sehingga bisa mengendalikan sekresi minyak berlebih di rambut serta mengurangi penumpukan minyak pada rambut anda sekaligus berperan sebagai tonik ampuh untuk mendapatkan rambut berkilau serta lembut.

  1. Campur 2 hingga 3 sendok cuka apel dengan 1 cangkir air dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Keramas rambut terlebih dahulu lalu gunakan campuran ini pada bilasan terakhir dan diamkan selama beberapa menit.
  3. Bilas kembali dengan air dingin sampai bersih dan ulangi cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  • Jus Lemon

Lemon menjadi solusi tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit kepala dan juga rambut khususnya rambut berminyak. Dalam buah lemon mengandung banyak mineral serta vitamin penting yang akan menyehatkan rambut anda. Sementara sifat asam yang dihasilkan dari lemon akan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dan juga mengendalikan sekresi minyak berlebih pada rambut.

  1. Campurkan sari dari perasan dua buah lemon dengan dua gelas air dan tambahkan dengan 3 sendok makan madu lalu campur sampai rata.
  2. Oleskan larutan ini pada kulit kepala dan juga rambut dengan merata dan lakukan pemijatan lembut selama beberapa menit.
  3. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air hangat dan ulangi sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

  • Teh Hitam

Kandungan asam tanat yang ada di dalam teh hitam sangat baik untuk menyingkirkan penumpukan minyak berlebih pada kulit kepala dengan cara mengecilka pori kulit kepala tersebut.

  1. Rebus 1 sampai 2 sendok teh daun teh hitam bersama dengan 1 cangkir air dan rebus selama 10 menit.
  2. Saring larutan tersebut dan biarkan dingin hingga mencapai suhu kamar.
  3. Basuh air teh hitam ini pada kulit kepala dan juga rambut lalu diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.
  4. Ulangi langkah ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menyingkirkan rambut berminyak secara alami.

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik dan juga anti jamur yang sangat baik untuk mengatasi gatal iritasi kulit kepala, mengatasi ruam ,ketombe dan mengurangi sebum serta minyak berlebih pada rambut.

  • Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mengambil beberapa tetes tes tree oil dan oleskan secara merata dari ujung rambu sampai ke pangkal dan juga kulit kepala.
  • Lakukan pemijatan ringan sekitar 5 sampai 10 menit supaya kandunga dari tea tree oil bisa menyerap sempurna.
  • Lanjutkan dengan membilas rambut seperti biasa menggunakan shampo yang ringan.

  • Tepung Jagung

Tepung jagung yang biasa digunakan untuk membuat masakan ini juga bisa anda gunakan untuk menyerap minyak berlebih pada rambut. Tepung jagung akan menjaga kulit kepala selalu dalam keadaan bersih dan mengurangi minyak berlebih denga alami tanpa efek samping dan juga bagian akar rambut akan semakin kuat karena kandungan vitamin E yang ada pada tepung jagung.

  • Siapkan tepung jagung secukupnya lalu taburkan langsung pada kulit kepala serta rambut hingga merata. 
  • Tambahkan dengan pijatan selama kurang lebih 5 menit dan diamkan sampai setengah jam.
  • Lanjutkan dengan membilas serta keramas sampai bersih dan keringkan secara alami dengan handuk dan diangin-anginkan.
  • Ulangi perawatan rambut ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dan itulah 9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat yang bisa anda langsung lakukan di rumah. Bahan alami yang digunakan pada perawatan rambut berminyak ini tentunya sangat aman dan tidak memberikan efek samping seperti saat anda menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia, namun ini semua harus dilakukan dengan rutin supaya hasilnya bisa maksimal, selamat mencoba.

9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat 


0 Response to "9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Yang Berminyak Dengan Cepat"

Posting Komentar